* Mbuantul - Projo Taman Sari - *

Matun ing sawah

Posted on
  • Rabu, 11 Januari 2012
  • by
  • Admin
  • in
  • Label: , , , , , , , , , ,
  • Sapa yang dah pernah matun?? atau ada yang belum tau apa itu matun?? Matun niku artinya menyiangi gulma di sawah atau tegalan.Tujuannya agar padi tumbuh dengan baik..


    Biasanya setelah benih padi dah mulai tumbuh akan ada gulma yang ikut tumbuh. Gulma tersebut kalau tidak dibersihkan akan mengganggu pertumbuhan padi. So para petani akan melakukan aktivitas matun setiap ada gulma yang sudah tumbuh bertebaran disekitar tumbuhan padi.


    Petani yang sedang Matun

    Sedangkan Tandur/menanam padi yaitu kegiatan menanam bibit padi dengan cara mundur yang dilakukan oleh petani wanita. Agar tanaman padi ditanam rapi dan mudah dalam matun ‘penyiangan’ petani meng-gunakan alat dari bambu atau kayu yang disebut blak.

    Cah Mbuantul belajar Matun :D

    Dokumentasi foto-fotonya selengkapnya dapat dilihat di FB Cah Mbuantul.

    Buat Cah Mbuantul ( Warga Bantul baik yang asli maupun pendatang), yang belum nge -like atau menyukai pages Cah Mbuantul wajib hukumnya untuk nge-like hehehe. Bagi yang siapa saja pun yang mau tahu lebih dalam tentang Cah Mbuantul atau Wisata yang menarik yang ada di bantul pun boleh-boleh saja nge-like pagesnya Cah Mbuantul

     Dan yang mau afdol lagi ikut berkomentar di postingan blog ini, Agar kalau ada kesalahan penulisahan atau materi posting kurang tepat bisa dikoreksi dan diperbaiki lagi. Karena emang Cah Mbuantul itu masih kecil (cah = Bocah)..jadi terkadang masih banyak melakukkan kesalahan :)..
    akhirnya dari Cah Mbuantul mohon maaf kalau ada kata-kata atau kekurangan yang ada. Salam
    Comments
    2 Comments

    2 komentar:

    sandaljepit mengatakan...

    melestarikan budaya

    Admin mengatakan...

    @sandaljepit : Injih pak.neng matun itu nggih seru lho pak...

    Posting Komentar

    Jangan lupa kunjungi mbuantul yach :)

     
    Copyright (c) 2010 Cah-Mbuantul